Analisis Model Bisnis Pada Perusahaan Grab
Analisis
Model Bisnis Pada Perusahaan Grab
ZULIKHA NINIEKASARI
1401144429
FAKULTAS EKONOMI
DAN BISNIS
UNIVERSITAS
TELKOM
BANDUNG
2017
Sebuah perusahaan asal Singapura yang melayani
aplikasi penyedia transportasi dan tersedia di enam negara di Asia Tenggara,
yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Filipina. Grab
memiliki visi untuk merevolusi industri pertaksian di Asia Tenggara, sehingga
dapat memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero
Asia Tenggara. Hingga bulan Maret 2015, jumlah pengguna Grab mencapai 3,8
juta pengguna. Grab tersedia untuk sistem operasi Android, iOS, dan BlackBerry.
Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek, mobil, dan
taksi.Saat ini Grab tersedia di seluruh Jakarta dan sekitarnya.
E – Servis dari grab Grab adalah perusahaan yang
berusaha melayani aplikasi dengan penyedia transportasi. menyediakan solusi
bertransportasi baru yang akan memberikan pelanggannya nyaman, aman, juga gaya dalam perjalanan dan dengan
tarif pasti, tanpa biaya pemesananan. Perusahaan ini juga menyediakan asuransi kecelakaan bagi maks. 6
penumpang dalam 1 kendaraan. Perusahaan ini juga melatih para pengemudinya untuk
memberikan pelayanan yang terbaik juga aman bagi penumpang. Perusahaan ini juga
selalu berusaha untuk menyediakan kenyamanan bagi penumpangnya dengan memberikan kebebasan dalam memilih metode
pembayaran adalah salah satunya dengan pembayaran non-tunai dengan GrabPay. Hal
ini dapat terlihat dari aplikasi grab yang
sangat memudahkan para pelanggannya. Perusahaan ini juga menyediakan pelayanan
lain seperti GrabCar, GrabBike, GrabExpress, GrabTaxi, dan GrabRental.
E-procurement dari Grab adalah dengan menyediakan transportasi berbasis aplikasi, juga
menyediakan antar barang dan rental. Hal ini dilakukan Grab melalui media
elektronik yaitu website www.grab.com dan
aplikasi yang dapat di download melalui App store dan Google play.
E-Marketing Grab adalah Blog dan Media Sosial, Blog yang
dimiliki oleh Grab terus dikembangkan untuk menyajikan konten yang menarik
untuk para pelanggannya. Begitu pula dengan media sosial yang selalu diupdate
untuk menghasilkan informasi yang benar bagi para pelanggannya. Terlihat juga dari
Perubahan logo oleh Grab, yang kini bisa dilihat dari pergantian jaket dan helm
para penggemudi Grabbike yang telah menggunakan logo barunya. Pada logo yang
baru terdapat dua garis pada logo baru tersebut terinspirasi dari jalan raya,
dan mewakili jalan dengan segala kemungkinan yang tak berujung. Logo tersebut
merupakan simbolisasi dari perjalanan baru Grab bersama dengan para mitranya,
baik penumpang, pengemudi, karyawan, dan masyarakat pada umumnya
E-contranting dari Grab terlihat setelah
konsumen menggunakan jasa transportasi tersebut dengan pengiriman ke email.
Misalnya dengan Grab mengirim email kepada konsumen, konsumen dapat menuntut
driver grab jika driver grab tidak sesuai keinginan konsumen. Dan juga saat
konsumen melakukan pendaftaran untuk menggunakan jasa transportasi tersebut. Dengan
melakukan pendaftaran secara tidak langsung pelanggan menyetujui kontrak awal
ini.
E-Distribution Grab
E-Payment
pada Grab adalah Cash dan GrabPay memungkinkan para pengguna membayar layanan Grab
melalui kartu debit dan kartu kredit. Cara penggunaan GrabPay yang jelas pengguna harus memasang
aplikasi Grab versi terbaru dari platform App Store ataupun Google PlayStore. Saat
membuka aplikasi Grab, pengguna tinggal ke menu sebelah kiri, di sana sudah ada
pilihan GrabPay.Nanti ada kolom "Add Credit/Debit Card" untuk
memasukan nomor kartu masing-masing. Dari tampilan laman GrabPay, baru kartu
Visa dan Mastercard yang bisa terintegrasi.
E-Customer
Relationship Management Grab dengan adanya promo yang diberikan untuk
pelanggannya. Seperti contoh Grab memberi potongan harga Rp25 ribu jika
menggunakan GrabPay untuk perjalanan dengan layanan GrabCar ke mana saja,
lengkap dengan kode promo GCRAMADAN.
Comments
Post a Comment